Solder Uap Yang Bagus Untuk Pemula

Perlu Anda ketahui jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia elektronika dan akan melakukan pemilihan solder yang baik. Berbicara tentang solder yang bagus untuk pemula, maka saudara sendiri merupakan alat yang dipakai untuk mematri atau menyolder antara komponen satu dengan yang lainnya atau juga bisa antara komponen dengan PCB.

Pembagian Jenis Solder

  • Jenis solder yang pertama ada lihat dari segi daya. Biasanya solder ini akan dihubungkan dengan keperluan serta penggunaannya. Ukuran daya yang dimiliki adalah 40 Watt dan sudah bisa untuk mematri dioda, kondensator, resistor, IC serta komponen yang lainnya. Sedangkan solder dengan ukuran daya 60 watt Bisa untuk mematri trafo copper, flyback, tuner serta komponen-komponen yang lainnya yang terlihat secara fisik bentuknya besar.
  • Jenis solder yang berikutnya dilihat dari bentuk ujung solder atau mata soldernya. jika mata solder tersebut lancip maka fungsinya untuk melakukan pematrian pada komponen yang punya kaki sangat kecil serta jumlahnya banyak. Misalnya seperti IC. Sedangkan untuk mata solder yang tumpul berfungsi untuk mematri pada komponen yang kakinya besar. Misalnya seperti soket tabung, tuner, flyback dan lain sebagainya
  • Jenis solder yang terakhir yaitu dilihat dari cara penggunaannya. Jika solder tersebut digunakan dengan cara ditempelkan atau disentuhkan pada objek, maka bisa menggunakan solder biasa. Sedangkan jika solder tersebut digunakan dengan cara tidak disentuhkan pada objek, maka bisa menggunakan solder uap.

Mana Solder Uap Yang Bagus Untuk Pemula?

Ada berbagai merk solder blower yang dijual di pasaran, namun jika Anda masih pemula maka pilihlah yang Anda sesuaikan dengan budget Anda. sedangkan kualitas solder dengan hasil solderan ada kaitannya, yaitu pada umumnya akan ditandai dengan panas yang merata, cepat dan stabil. Dengan demikian timah akan semakin mudah meleleh lalu kedua komponen akan lebih cepat menyatu.

Akan tetapi, jika Anda ingin memiliki solder uap dengan kualitas yang baik, maka meskipun Anda masih pemula pilihlah solder yang berasal dari perusahaan terkenal, namun tentunya harganya akan lebih mahal.

Nah, karena solder uap ini cukup canggih dan penggunaannya cukup sederhana, jadi Anda yang masih pemula susah bisa melakukannya. Akan tetapi akan sangat baik jika mengetahui terlebih dahulu pengaturan pada solder uap.

Cukup simpel, bukan?