Cara Menghidupkan Ponsel Dengan Power Supply Handphone

Menghidupkan ponsel dengan menggunakan power supply hp sebenarnya tidak sama dengan rangkaian elektronik seperti radio dan TV. Sistem kerja handphone dikira hampir sama dengan komputer, dimana proses menghidupkan ataupun mematikan tidak dengan cara melepas hubungan daya kepada power supply.

Sebenarnya handphone atau ponsel adalah salah satu jenis perangkat yang memiliki kebutuhan arus  Dirrect Current (DC) atau searah. Adanya power supply adalah mengalirkan arus listrik untuk handphone dengan arus AC (alternating current) menjadi arus DC (direct current). Hp yang tidak bisa menyala biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan yang terjadi pada bagian hardware atau juga pada softwarenya. Untuk menghidupkan handphone menggunakan alat power supply, caranya sederhana, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pasang minimal tiga kabel power (hitam, hijau dan juga dengan merah) yang masing-masing memiliki urutan negatif, BSI, positif ke konektor baterai handphone. Arahkan voltase mulai 3,7 V atau sesuaikan dengan merk handphone dengan toleransi sebanyak 5 V. Jika suatu jarum amper sudah ditekan tombol on tapi tetap diam saja atau tidak bergerak, berarti ada masalah dengan hardware nya, bila saat ditekan tombol on naik -/+ 50 mA maka dipastikan ada masalah dengan softwarenya.
  2. Hubungkan kabel yaitu titik tumpu menggunakan alat perangkat power supply. Setelah dihubungkan handphone dapat kembali menyala dengan sendirinya. Tapi dalam beberapa kasus, jika hp tetap tidak menyala meski sudah dilakukan langkah-langkah tersebut. Anda bisa mulai membongkarnya untuk mengecek apakah jalur dari pad ke IC atau ke ujung cell masih bagus. Jika semua bagus tapi tetap tidak mau menyala, maka Anda bisa mengganti cell baterai dengan cell baterai yang kira-kira seukuran.

Membahas bagaimana cara untuk bisa menghidupkan alat komunikasi di atas, yakni dengan menggunakan power supply, kiranya sangat penting untuk bisa tahu lebih awal apa saja yang dapat menyebabkan alat komunikasi ini mengalami kerusakan parah.

Nah, itu tadi adalah cara menghidupkan handphone dengan menggunakan power supply. Apakah ulasan di atas membantu? Share pengalaman Anda dengan kami dan dapatkan lebih banyak tips menarik dan tentunya praktis.