Cara Memilih Power Supply Laptop Yang Baru

Saat ini laptop sudah bukan barang yang mewah lagi. Hampir di setiap kampus, sekolah maupun di tempat umum dapat dilihat orang yang membawa laptop. Laptop lebih praktis daripada komputer yang ukurannya lebih berat dan susah dibawa ke mana-mana. Umumnya ketika membawa laptop pasti juga tidak meninggalkan power supply laptop. Power supply ini dapat menjadi cadangan ketika baterai laptop habis.

Untuk dapat mengisi baterai laptop maka power supply harus dihubungkan dengan listrik agar mengandung arus listrik. Baterai laptop yang habis kemudian dihubungkan power supply akan mendapatkan charge lagi sehingga tetap nyala dan laptop tidak mati. Power supply harus dirawat agar tidak rusak dan awet.

Namun apabila power supply rusak maka mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru. Laptop tidak akan dapat memperoleh daya baterai jika tidak dari power supply. Oleh karena itu jika power supply rusak harus segera membeli lagi.

Memilih Power Supply Laptop

Laptop membutuhkan charge baterai dari power supply sebagai sumber dayanya. Saat baterai di laptop telah terisi penuh maka daya yang disediakan oleh power supply tetap berjalan. Power supply untuk laptop umumnya memiliki berat sekitar 400 gram dan biasanya sudah termasuk di dalam paket ketika membeli laptop.

Ada kemungkinan power supply menjadi rusak sehingga aktifitas di laptop terganggu. Oleh karena itu jika power supply rusak maka sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru. Berikut ini yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli power supply laptop.

  1. Memiliki Tegangan Yang Sama.

Tegangan yang dikeluarkan oleh power supply baru harus sama persis dengan yang lama.

  • Memiliki Polaritas Yang Sama.

Polaritas yang ada pada adaptor dari power supply baru harus sama. Polaritas ini dapat dilihat melalui label di adaptor.

  • Memiliki Konektor Yang Sama.

Konektor berupa socket di ujung adaptor dari power supply yang baru harus sama.

Power supply merupakan peralatan yang sangat penting untuk mendukung aktifitas laptop. Oleh karena itu, jika power supply laptop telah rusak maka harus segera menggantinya dengan yang baru.