Cara Melakukan Deteksi Kerusakan Ponsel Menggunakan Power Supply HP

Melalui peralatan power supply HP, deteksi kerusakan pada ponsel dapat diketahui secara lebih pasti, apakah terjadi di bagian hardware atau software. Deteksi ini bisa dilakukan melalui beberapa macam cara dan setiap teknisi harus bisa melakukannya.

Langkah Awal Deteksi

Pertama, kabel power supply dipasangkan ke bagian konektor baterai HP dan gunakan sedikitnya tiga kabel. Urutannya adalah kebel negatif, kabel BSI dan kabel positif yang masing-masing punya warna hitam dan hijau beserta merah. Setelah itu volt diarahkan ke power supply dengan toleransi maksimal 0,5 V.

Dalam kondisi off, ponsel dihidupkan dan apabila ketika ditekan amper hanya diam saja, maka hal ini merupakan tanda bahwa kerusakannya terjadi pada bagian hardware. Tetapi sebaliknya, setelah dihidupkan dan amper power supply HP menunjukan angka sekitar 50 mA, maka dapat dipastikan jika kerusakannya terjadi pada software.

Langkah Berikutnya

Pendektesian kerusakan ponsel bisa pula dilakukan melalui beberapa teknik lainnya. Misalnya jika amper ditekan dan tidak memunculkan reaksi, kemungkinan besar ada kerusakan pada bagian IC. Sedangkan amper yang menunjukan tren kenaikan dari 0 hingga 50 mA kemudian stabil di angka tersebut, hal ini menandakan adanya IC flash atau IC Cobba yang mengalami kerusakan.

Selanjutnya ketika swtich telah ditekan dan amper di Power Supply HP tidak memunculkan reaksi apapun, kemungkinan terjadi pemutusan jalur + pada baterai sehingga arus listriknya tidak dapat masuk. Untuk memperbaikinya, gunakan metode jumper terhadap jalur putus.

Sistem deteksi berikutnya, apabila amper DC berada dalam posisi antara 1 hingga 2 mA dan selalu stabil di angkat tersebut, kerusakan yang muncul diakibatkan oleh adanya kebocoran arus karena terjadi gangguan di komponen kapasitor atau komponen lain yang terhubung langsung dengan V baterai.

Selanjutnya ketika amper berada di angka 50 mA hingga 1 A dan diam terus pada posisi tersebut, maka kerusakan yang terjadi adalah karena ada komponen luar yang unsolder. Untuk mengatasi masalah ini, ganti IC baru.

Itulah beberapa cara melalukan deteksi kerusakan menggunakan power supply HP dan jika masih ada yang belum jelas silakan bertanya atau berpendapat di kolom komentar.